MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 4

 

1.There is a bird on a branch of a tree.  2.It is a canary.   3. Canary is a beautiful bird. It has bright colour – yellow – white. 4. It can sing beautifully.

5. My friend has a canary.  6. He keep it in a cage. 7.He feed it every morning and give it water to drink. 8. And he never forget to spray water on it every morning.  9.The canary seems to be happy because it can get its food easily and sing every day.  10.But we can’t be sure wheter the canary is happy or not because it can’t go anywhere except standing lonely in its cage.

1. Ada seekor burung di atas batang suatu pohon. 2.Burung itu adalah burung kenari. 3, Burung kenari adalah burung yang cantik. 4.Warnanya carah — kuning – putih. 5.Kicauannya sangat merdu.

6. Temanku punya seekor burung kenari. 7.Dia memeliharanya di dalam kurungan. 8.Dia memberi makan burung itu setiap pagi dan memberinya air untuk minumannya. 9.Burung kenari itu tampaknya bahagia karena bisa mendapatkan mekanannya dengan mudah dan berkicau setiap hari. 10. Tapi kita tak tahu pasti apakah burung itu bahagia atau tidak karena dia tidak dapat pergi kemanapun selain hanya bertengger sendirian di kandangnya.

A   dan THE

Indefinite article atau kata sandang tak tentu a dan definite article atau kata sandang tertentu the

I see a bird . The bird is perching on a branch of a tree.

Indefinite article atau kata sandang tak tertentu a digunakan ketika si pembicara membicarakan sesuatu tanpa menentukan yang mana sesuatu yang dimaksudkan itu. Pada contoh kalimat I see a bird yang artinya saya melihat seekor burung,  si pembicara tidak menentukan burung yang dilihatnya itu burung yang mana — pokoknya ia melihat seekor burung. Kalimat I see a bird diartikan dengan saya melihat seekor burung.

Definite article atau kata sandang tertentu the digunakan ketika sesuatu yang dibicarakan itu dimaksudkan untuk menunjuk pada obyek tertentu. Pada kalimat selanjutnya, yaitu The bird is perching on a branch of a tree yang artinya Burung itu ada di atas batang suatu pohon, si pembicara memberi ketentuan atau batasan bahwa burung yang di atas batang suatu pohon adalah burung yang dia lihat tadi, bukan burung yang lain. Oleh karena itu maka The bird pada kalimat The bird is perching on a branch of  a tree diterjemahkan dengan burung itu — maksudnya ya burung yang dilihatnya itu tadi.

Contoh lain misalnya:   I eat a banana. The banana is very sweet. Pada kalimat I eat a banana yang artinya adalah saya makan pisang, pembicara tidak menentukan pisang yang mana yang dia makan — pokoknya saya makan pisang. Tapi pada kalimat The banana is very sweet yang artinya Pisang itu sangat manis, pembicara menunjukkan atau menentukan bahwa pisang yang sangat manis itu adalah pisang yang dia makan.

LATIHAN

I saw a man standing in front of your house. The man brought a big bag. Is he your friend looking for you?

Saya melihat seorang laki-laki berdiri di depan rumahmu. Orang itu membawa  sebuah tas besar. Apakah dia teman yang sedang mencarimu?

Some apples are falling into ground. The apples looks ripe enough to eat. Do you want some?

Beberapa buah apel jatuh ke tanah. Apel-apel itu tampaknya cukup matang untuk dimakan. Kamu mau beberapa buah?

John, do you see my pen you gave me last night? I lost it. I left it somewhere, but I don’t remember where.

John, kamu  lihat pulpenku yang kamu beri tadi malam? Pulpen itu hilang. Pulpen itu tertinggal di suatu tampat, tapi aku tak ingat dimana.

 

A dan AN

A BIRD and AN OX

Kata sandang a digunakan untuk kata benda dengan bunyi konsonan pada  huruf awalnya, misalnya a bird, atau a cat. Sedangkan untuk kata benda dengan bunyi vokal pada awal hurunya menggunakan kata sandang an, misalnya an ox, an egg, an elephant, dan sebagainya.

Catatan: ketentuan konsonan atau vokal awal huruf suatu kata benda yang menentukan kata sandang yang digunakan, a atu an,  bukan konsonan atau vokal pada hurufnya tapi pada bunyinya.

Kata university menggunakan kata sandang a  meskipun huruf awalnya adalah vokal yaitu huruf  U. Mengapa? Karena, huruf  U meskipin huruf vokal, pengucapan atau bunyinya adalah konsonan, yaitu yu, bukan u.  Jadi, untuk kata university digunakan kata sandang a, yaitu a university, bukan an university.

Ini juga penting: E pada kata The dibaca e seperti pada kata kena jika the mendahului kata benda yang huruf pertamanya berbunyi konsonan, misalnya the cat, the mouse, the man, dan sebagainya. Tapi jika the mendahului kata benda yang huruf pertamanya berbunyi vokal, maka e pada kata the dibaca i seperti pada kata ini, misalnya the elephant, the apple, the orange.

LATIHAN

Yesterday my mother went to the market. She bought many things. She gives me an apple, an arange, a manggo, and a bucket of strawberies, and a bucket of longan. The strawberries look very delicious, and it smell so yummy, but it  isn’t   sweet enough to eat.  The longans isn’t delicious enough to smell but sweet enough to eat.

BIRD and BIRDS  —  OX  and OXEN

Benda tunggal akan berubah tulisannya ketika menjadi banyak atau jamak menurut dua cara yang berbeda. Cara pertama, yaitu cara dengan aturan tertentu, misalnya dengan menambahkan s pada akhir kata bendanya misalnya a bird untuk satu ekor burung menjadi two birds untuk dua ekor burung. Atau dengan menambahkan es pada akhir katanya   misalnya a watch untuk satu buah arloji menjadi two watches untuk dua arloji.

Cara kedua adalah cara yang tidak beraturan tertentu, jadi  harus dengan menghafalkan, misalnya an ox untuk satu ekor sapi jantan menjadi three oxen untuk tiga ekor sapi jantan. A man untuk satu orang menjadi four men untuk empat orang, a mouse menjadi many mice, dan sebagainya.

THERE IS dan THERE ARE

1.There is a bird.  Ada seekor burung 2.There are birds. Ada banyak burung 3.There is an ox. Ada seekor sapi jantan 4. There are oxen. Ada banyak sapi jantan.

There is dan there are artinya adalah ada. There is digunakan untuk menunjukkan adanya satu benda misalnya There is a bird yang artinya adalah ada seekor burung. Sedangkan there are digunakan untuk menunjukkan adanya banyak benda  misalnya There are two birds yang artinya adalah ada banyak burung — banyak maksudnya adalah lebih dari satu benda.

LATIHAN

There is  a dog. There are dogs.

There is a chicken. There are chickens

There is a horse. There are horses.

KLIK DISINI

MEUJU HALAMAN UTAMA

About veroskin Isadora

Aku alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Aku belajar Bahasa Inggris di ELTI dan IEC serta berburu turis. Aku ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat buat orang lain
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 4

  1. Pingback: MARI BELAJAR BAHASA INGGRIS | SUKA BAHASA INGGRIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s